MISTERI BUAH TERONG



oleh : pakde bagio

Beberapa waktu lalu ketika saya menurunkan gambar terong, banyak komen yang mempertanyakan kepada saya. Apakah dengan mengkonsumsi terong para lelaki tidak akan mengalami keloyoan dalam seksualitas ? Saya cuma bilang, tidak, karena hal itu cuma mitos. Justru terong alias Solanum Melongena ini malah sebaliknya. Terong justru mempunyai khasiat mendongkrak gairah seksual para lelaki karena efek Afriosisiak-nya. Mari kita simak misteri itu.

Terong atau terung (solanum melongena) termasuk famili Solanaceae dan merupakan tanaman tahunan berbentuk perdu yang dapat tumbuh hingga mencapai 60 – 90 cm. Daun tanaman ini lebar dan bentuknya menyerupai telinga. Sedangkan bunganya berwarna ungu dan merupakan bunga sempurna, biasanya terpisah dari daun dan batang yang terbentuk dalam tandan bunga.

Jenis terung yang dikenal di masyarakat diantara terung koprek (bulat panjang dengan ujung tumpul, warnanya ungu atau hijau keputihan). Terung craigi (bulat panjang ujung runcing, warnanya ungu). Terung Bogor atau terung kelapa (bulat besar, warnanya putih atau hijau keputihan). Terung gelatik atau terung lalap (seperti terung Bogor tapi lebih kecil, warnanya ungu atau putih keunguan).

Terung merupakan tumbuhan asli dari India dan Sri Lanka, berhubungan erat dengan tomat dan kentang. Buahnya biasa digunakan sebagai sayur untuk masakan. Dari kawasan tersebut, terung kemudian disebarkan ke China pada abad ke-5. Dari Cina selanjutnya disebarluaskan ke Karibia, Afrika Tengah, Afrika Timur, Afrika Barat, Amerika Selatan, dan daerah tropis lainnya.

Dari segi botani, buah yang termasuk kelas beri ini mengandung banyak biji kecil dan lembut. Biji itu boleh dimakan, tetapi rasanya pahit karena mengandung alkaloid nikotin. Itu tidaklah mengherankan karena terung adalah saudara dekat tembakau. Ukuran buah terung berbeda-beda bergantung pada budi dayanya dan warnanya macam-macam seperti ungu, hijau, dan putih.

Penelitian ilmiah memiliki fakta bahwa terung dapat mencegah kanker, kaya akan serat, mengandung vitamin A, B, C serta mengandung mineral penting lainnya. Berbagai penyakit seperti wasir, rematik, batuk, penyakit kulit, bahkan raja singa juga bisa disembuhkan dengan sayur berwarna ungu ini. Selain itu, buah ini mampu mengobati campak, cacar air, ketergantungan alkohol, gastritis, dan luka bakar.

Penelitian lain menyebutkan selain mengandung, vitamin A, vitamin C, juga mengandung kalsium, kalium, natrium, asam klorogenat, dan tripsin. Bahan-bahan yang dikandung terung memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol; mengobati gusi bengkak, peradangan pada mulut, demam, wasir, borok pada hidung Selain menyembuhkan retak tulang; melancarkan air seni; sebagai antikanker, antimikroba, dan antivirus. Termasuk dapat digunakan sebagai alat kontrasepsi serta meningkatkan libido.

Banyak cara untuk mengkonsumsi jenis sayur yang satu ini. Di kalangan masyarakat kita terung paling banyak diolah diolah untuk sayur lodeh, semur atau dibuat balado. Ada yang mengkonsumsi sebagai sebagai lalap, dimasak dengan oncom/taoco atau sebagai campuran botok. Dibawah ini ada dua resep olahan dengan bahan baku terong.

Balado terong.

Bahan :

2 buah terong potong-potong sesuai selera

200 ml air (sesuai selera)

1 sdt gula pasir

Garam dan penyedap secukupnya

Minyak goreng untuk menumis

Bumbu halus :

7 buah cabe merah

15 buah cabe kecil (sesuai selera)

5 siung bawang merah

5 siung bawang putih

Cara :

Taburi terong dengan garam selama 10 menit tanpa air, lalu cuci bersih kemudian goreng hingga masak dan sisihkan. Beri minyak di wajan dan tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum

Masukan garam, penyedap serta gula, lalu masukkan terong gorengnya aduk hingga terong dan air biarkan meresak dan air hingga nyaris kering dan terong telah tercampur bumbu.

Angkat dan siap untuk disajikan

Sarak terong.

Bahan :

50 gram ebi (udang kering), direndam air panas, tiriskan, dihaluskan.

3 sendok makan minyak untuk menumis.

1 batang serai dimemarkan.

100 gram kacang tanah, disangrai, buang kulit arinya, dihaluskan.

¼ butir kelapa, diparut, disangrai sampai kecoklatan, dihaluskan.

Garam secukupnya.

Sedikit gula Jawa.

750 cc santan dari ½ butir kelapa.

4 buah (1 kg) terung, masing-masing dibelah dua, dagingnya ditoreh-toreh supaya bumbu bisa meresap.

Bumbu halus :

5 buah cabai merah.

2 cm jahe.

2 cm lengkuas.

3 siung bawang putih.

6 butir bawang merah.

1 sdm ketumbar, disangrai.

¼ sdt jinten, disangrai.

3 cm kunyit.

Cara :

Panaskan minyak dan tumis bumbu yang telah dihaluskan, berikut serai. Setelah harum baunya, masukkan kacang tanah, ebi dan kelapa parut, berikut garam dan gula jawa. Setelah tercampur rata, angkat dan masukkan ke dalam sela-sela daging terong dan atasnya. Setelah itu didihkan santan, dan masukkan terung berbumbu kedalamnya. Masak sampai terong matang dan bumbu benar-benar meresap. Angkat dan hidangkan.


5 komentar:

MasWAKID mengatakan...

Suka banget nih dengan menu ini, hari ini tadi menu saya juga itu plus gorengan jamur barat... nyaam nyam...

mengencangkan payudara secara alami mengatakan...

Terimakasih atas semua artikel bermanfaat yang sudah anda publikasikan melalui blog yang menarik ini, saya tunggu postingan selanjutnya, have a nice day, kawan :)

TINTIN RAHMAYANTI mengatakan...

Saya Achmad Halima Saya ingin menyaksikan karya bagus ALLAH dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang tinggal di sini di Indonesia, Asia dan di beberapa negara di seluruh dunia.
 Saat ini saya tinggal di Indonesia. Saya seorang Janda dengan empat anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan pada MARET 2017 dan saya perlu membiayai kembali dan membayar tagihan saya,
Saya adalah korban penipuan pemberi kredit 3-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang yang saya berutang, saya dibebaskan dari penjara dan saya bertemu dengan seorang teman, yang saya jelaskan mengenai situasi saya dan kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dapat diandalkan.
Bagi orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman di internet penipuan di sini, tapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
 Saya mendapat pinjaman dari ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM sebesar Rp900.000.000 dengan sangat mudah dalam waktu 24 jam setelah saya melamar, jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus ALLAH melalui ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya saran jika anda membutuhkan pinjaman silahkan hubungi ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM. hubungi mereka melalui email:. (alexanderrobertloan@gmail.com)
Anda juga bisa menghubungi saya melalui email saya di (achmadhalima@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

SUWANDI ROBBY mengatakan...

KABAR BAIK BERITA BAIK

Halo semuanya, saya SUWANDI dari Indonesia. Saya menyarankan Anda semua di sini untuk tidak mengajukan pinjaman di mana-mana untuk perusahaan atau pemberi pinjaman di halaman web ini, sebagian besar perusahaan di sini adalah palsu, curang dan penipuan, dan juga beberapa kesaksian di sini salah mereka adalah orang yang sama. Karena itu, berhati-hatilah untuk tidak menjadi mitra mangsa Indonesia. Saya ditipu empat kali sekitar Rp 200.000.000 untuk biaya pendaftaran, biaya transfer, bea masuk dan biaya asuransi, setelah pembayaran ini saya tidak mendapatkan pinjaman, tetapi mereka meminta saya untuk membayar lagi dan lagi. Ini akan menarik Anda untuk Mengetahui ada undang-undang tentang pembiayaan hukum atau aturan boardings ini dalam memperoleh pinjaman dari setiap hukum pemberi pinjaman atau perusahaan. Saya bersyukur bahwa saya menerima pinjaman cepat sebesar $ 250.000 dari sebuah perusahaan yang teman saya Achmad Halima telah perkenalkan. Perusahaan pinjaman yang benar dan dapat dipercaya (ALEXANDER ROBERT). Mereka sekarang adalah perusahaan terbesar di AS, Eropa, dan di seluruh Asia. Misi dan komitmen Anda kepada Alexander's Loan Company didedikasikan untuk memudahkan impian Anda dan membantu kita semua yang telah ditipu dan ditipu dalam proses mendapatkan pinjaman segera, memberi Anda keramahan kelas dunia. Perusahaan Pinjaman Alexander atau pemberi pinjaman tahu apa yang harus ada di sepatu Anda dan mereka berusaha keras untuk tidak melupakan perasaan itu. Mereka akan mendapatkan kepercayaan Anda dengan menyampaikan kepada Anda informasi yang perlu Anda ketahui, jika Anda perlu tahu dan hak untuk menawarkan pinjaman (pedagang atau pinjaman pribadi) dan layanan keuangan.

Saya sangat berbakti untuk membantu negara saya mendapatkan pinjaman terhadap penipuan dan segera, email saya adalah (suwandirobby01@gmail.com) atau (achmadhalima@gmail.com)

Hubungi saya atau (alexanderrobertloan@gmail.com) untuk informasi lebih lanjut, saya bersedia membantu. Tuhan memberkati kalian semua.

SURYANTO SURYANTO mengatakan...

Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

 Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

Posting Komentar