PBL MAHASISWA PSIK KE LANSIA



Oleh Imam Soebagio

Hipertensi merupakan kondisi medis dimana terjadi peningkatan tekanan darah secara kronis. Lima penyebab hipertensi adalah : keturunan, bertambahnya umur, penyakit ginjal, kelainan hormonal dan obat-obatan. Tanda dan gejala penderita, antara lain : sakit kepala, kelelahan, mual, muntah, sesak nafas, gelisah dan pandangan menjadi kabur yang terjadi karena adanya kerusakan pada otak, mata, jantung dan ginjal.

Hal itu terungkap saat para lansia yang tergabung dengan Karang Werda Jember Permai I dan Karang Werda Semeru Jaya, Kelurahan Sumbersari, Jember berdialog dengan mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember yang tengah mengadakan PBL. Disebutkan bahwa komplikasi hipertensi adalah stroke, gagal jantung dan gagal ginjal.

Ada tiga resep untuk mencegah hipertensi. Hal ini terungkap karena mncegah hipetensi lebih murah daripada mengobati. Resep pertama. 200 gram labu siam dan 200 gram mentimun yang dicuci dan dipotong-potong. Blender kedua bahan itu, kemudian airnya atau sarinya diminum.

Resep kedua. 250 gram wortel, 50 gram seledri, 2 siung bawang putih, 100 cc air dingin untuk 1 gelas. Semua bahan di jus atau di blender dan airnya disaring. Diminum.

Resep ketiga. 100 gram seledri jenis kecil, 100 gram selada air, 100 cc air dingin untuk 1 gelas. Semua bahan dicuci dan dimasukkan dalam blender, hasilnya disaring kemudian airnya diminum untuk 2 kali sehari (pagi dan sore).

Pada kesempatan itu para mahasiswa mengajarkan senam "demensia" untuk untuk meningkatkan fungsi otak bagi para lansia yang karena faktor usia mengalami penurunan. Sayang penulis hanya ingat dua nama mahsiswa yakni Putri dan Nona dari enam mahasiswa yang baik hati.

0 komentar:

Posting Komentar