manfaat "nongko londho"


oleh : pakde bagio

Tak banyak orang tahu kalau buah yang satu ini punya manfaat banyak untuk prnyembuhan berbagai penyakit. Padahal pohon ini tumbuh dimana-mana dan bisa hidup dalam berbagai cuaca dan lahan segersang apapun. Namanya sederhana, sirsat atau sirsak berasal dari kata zuurzak (bahasa Belanda). Karenanya dikenal juga dengan nama nangka landa atau nongko londo (Jawa), karena yang membawa ke Indonesia adalah penjajah Belanda.

Kantung asam.
Berbagai manfaat sirsak untuk terapi antara lain pengobatan batu empedu, antisembelit, asam urat dan meningkatkan nafsu makan. Dengan mengkonsumsi buah sirsak dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan (sebagai obat agar awet muda). Selain itu, kandungan seratnya juga berfungsi untuk memperlancar pencernaan, terutama untuk pengobatan sembelit. Sari buah sirsak di dalam sistem pencernaan akan meningkatkan rangsangan nafsu makan. Kegunaan lain dari sari buah ini adalah untuk pengobatan pinggang pegal dan nyeri, penyakit kandung air seni dan wasir (ambeien).

Selain menyembuhkan kanker, buah sirsak juga berfungsi sebagai anti bakteri, anti jamur (fungi), melawan berbagai jenis parasit dan cacing, menurunkan tekanan darah tinggi, depresi, stres, dan menormalkan kembali sistem syaraf yang kurang baik.

Ketika para pakar riset dari Health Sciences Institute mendengar berita keajaiban buah sirsak, mereka mulai melakukan riset. Hasilnya sangat mengejutkan. Graviola terbukti sebagai pohon pembunuh sel kanker yang efektif. Khasiat dan keajaiban buah sirsak sebenarnya sejak lama diketahui oleh para peneliti di The National Cancer Institute (NCI). Maka itu, NCI memulai riset ilmiahnya pada tahun 1976. Hasilnya membuktikan bahwa daun dan batang kayu buah sirsak mampu menyerang dan menghancurkan sel-sel berbahaya kanker.

Sirsak, nangka belanda, atau durian belanda (Annona muricata L.) adalah tumbuhan berguna yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di berbagai daerah Indonesia dikenal sebagai nangka sebrang, nangka landa (Jawa), Penyebutan "belanda" dan variasinya menunjukkan bahwa sirsak didatangkan oleh pemerintah kolonial Hindia-Belanda ke Nusantara, yaitu pada abad ke-19..

Sirsak berupa tumbuhan atau potion yang berbatang utama berukuran kecil dan rendah. Daunnya berbentuk bulat telur agak tebal dan pada permukaan bagian atas yang halus berwarna hijau tua sedang pada bagian bawahnya mempunyai warna lebih muda. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat. Tetapi untuk memperoleh hasil buah yang banyak dan besar-besar, maka yang paling baik ditanam di daerah yang tanahnya cukup mengandung air.
Di Indonesia, sirsak tumbuh dengan baik pada daerah yang mempuyai ketinggian kurang dari 1000 meter di atas permukaan laut. Buah Sirsak yang sudah masak lebih berasa asam daripada manis, oleh karena itu orang Belanda menyebutnya zuurzak yang berarti “kantung asam”.. Pengembangbiakan sirsak yang paling baik adalah melalui okulasi dan akan menghasilkan buah pada usia 4 tahunan setelah ditanam

Untuk pengobatan.
Inilah berbagai penyakit yang bias disembuhkan dengan cara mengkonsumsi sirsak. Diantaranya adalah :
Ambeien. Bahan: buah sirsak yang sudah masak. Cara membuat: diperas untuk diambil airnya sebanyak 1 gelas. Cara menggunakan : diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

Sakit Kandung Air Seni. Bahan: buah sirsak setengah masak, gula dan garam secukupnya. Cara membuat: semua bahan tersebut dimasak dibuat kolak. Cara menggunakan : dimakan biasa, dan dilakukan secara rutin setiap hari selama 1 minggu berturut-turut.

Bayi Mencret. Bahan: buah-sirsak yang sudah masak. Cara membuat: buah sirsak diperas dan disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan : diminumkan pada bayi yang mencret sebanyak 2-3 sendok makan.

Anyang-anyangen (sering kecing tetapi sedikit dan terasa sakit). Bahan: sirsak setengah masak dan gula pasir secukupnya. Cara membuat: sirsak dikupas dan direbus dengan gula bersama-sama dengan air sebanyak 2 gelas. Cara menggunakan : disaring dan diminum.

Sakit Pinggang. Bahan: 20 lembar daun sirsak. Cara membuat: direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal3 gelas. Cara menggunakan : diminum 1 kali sehari 3/4 gelas.

Bisul. Bahan: daun sirsak yang masih muda secukupnya. Cara membuat: ditumbuk halus dan ditambah 1/2 sendok air, diaduk sampai merata. Cara menggunakan : ditempelkan pada bagian bisul.

0 komentar:

Posting Komentar