ORKES KERONCONG "GEMA LANSIA"


Oleh : Pakde Bagio

Seperti tak mau kehilangan momen angka cantik 11111 pada hari Selasa tanggal 11 bulan 1 tahun 11, sejumlah lansia Jember mengikrarkan pembentukan sebuah grup keroncong. Karena diprakarasai oleh Tabloid ”Gema Lansia”, maka grup ini mereka beri nama Orkes Keroncong ”Gema Lansia”.

Menurut Seksi Kesenian Perwakilan Yayasan Gerontologi Abiyoso Jember, Jatin, yang juga pengasuh Tabloid ”Gema Lansia” diharapkan kehadiran orkes keroncong ini semakin menggairahkan semangat untuk membuat ati seneng agar awet urip. Kata Jatin lagi, selain penyanyi, para lansia ini rata-rata piawai memainkan alat musik yang mereka miliki masing-masing.

Dalam pembentukan orkes keroncong ini hadir beberapa tokoh musik seperti Sarkam, Mardi Santosa, Sudjarwo dan HM Zaenuri. Para pemusik keroncong ini memberikan dukungan dan semangat agar orkes keroncong khusus lansia ini bisa panjang umur. ”Dengan keroncong, hati ini akan menjadi senang, semeleh serta meningkatkan tepo sliro diantara sesama lansia”, kata HM Zaenuri.

Sementara itu menurut Sarkam, terbentuknya organisasi ini bukan merupakan lahan untuk mencari uang. Justru pengurus dituntut untuk bisa ngemong para pemain, lebih-lebih usianya yang lanjut dan siap berkorban baik tenaga, pikiran maupun materi. ”Ini merupakan konsekuensi nguri-uri budaya Bangsa”, kata Sarkam yang juga pengurus PAMORI Jawa Timur.

Terpilih sebagai pengurus adalah :

Ketua : Bambang Widjanarko

Wakil Ketua : Moeljoadi

Sekretaris : Imam Soebagio

Bendahara : Hj. Soeprapti Sd

Seksi Teknik : Rahardjo dan Hj. Siti Asmanijah

Seksi Perlengkapan : Djumali, Hartono dan Yasin

Pembantu Umum : Jatin Sugeng Semedi, Bambang Waluyo NC.

Bambang Widjanarko mengharap untuk bulan Januari dan Februari ini, latihan akan ditingkatkan untuk siap tampil dalam Parade Musik Keroncong PAMORI pada 13 Februari 2011 di RRI Stasiun Jember.

0 komentar:

Posting Komentar