GURU BESAR PENYABAR ITU TLAH TIADA



Oleh : Pakde Bagio

Universitas Jember kembali kehilangan salah satu sesepuhnya. Prof. Drs. H. Abdullah Kusuma (82 tahun), 30 menit menjelang tahun baru 2011 telah meninggal dunia di RSD dr. Soebandi, Jember. Abdullah Kusuma dilahirkan di Surabaya, 31 Juli 1928 adalah putra Wijayakusuma. Pensiun sebagai PNS dengan jabatan Guru Besar Bahasa Inggris pada Fakultas Sastra Universitas Jember dan FKIP Unitomo Surabaya.

Selain dosen, almarhum dikenal sebagai anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Jember. Meninggalkan seorang isteri, enam putra-putri yang sudah mapan semua serta 17 cucu. Dimakamkan di TPU Tunjung, Kreyongan Jember Sabtu (1/1) yang dilepas oleh ratusan warga setempat, para veteran dan dosen berbagai perguruan tinggi.

Ketua LVRI Kabupaten Jember Kol (Pur) Momod dalam sambutan pelepasannya menyatakan bahwa almarhum adalah sosok yang perlu diteladani. Usai perang kemerdekaan, Perintis Kemerdekaan ini mendedikasikan dirinya dalam dunia pendidikan. Sampai usianya yang lanjut, almarhum dikenal sebagai orang yang haus ilmu dan selalu belajar.

Sementara itu, Dekan Fakultas Sastra Universitas Jember Drs. Saiful Anam mempunyai kesan istimewa terhadap almarhum. Profesor Kusuma dia kenal sebagai dosen yang ramah dan sabar, baik ketika saat Anam jadi mahasiswanya sampai jadi Dekan. Demikian juga dikalangan dosen, almarhum dikenal sebagai sosok yang tidak kenal lelah membina. ”Almarhum tidak pernah marah”, kata Anam.

Bahkan salah seorang mahasiswanya yang kini berada di Jerman, Rina Hp, setelah mendengar informasi ini dalam statusnya di facebook menyatakan ........ pak dosenku yg baik hati.. selamat jalan prof. Menurut menantu almarhum drg. Winny Adriatmoko, beliau sejak beberapa waktu lalu memang sakit karena .......... sepuh.


0 komentar:

Posting Komentar