LANSIA JEMBER BELAJAR TOGA KE BATU



Oleh : Pakde Bagio






Sejumlah lansia pengurus dan warga Karang Werda “Semeru Jaya” dan “Jember Permai I” Kelurahan Sumbersari, Jember Rabu (13/4) mengadakan kunjungan wisata ke Batu, Malang. Kunjungan dimulai dari Balai Materia Medica, salah satu UPT Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Disini para lansia belajar mengenal berbagai tanaman yang bisa dijadikan obat berbagai penyakit.
Diantaranya seperti daun pegagan, patikan kebo dan rebung bambu apus untuk menyembuhkan penyakit asma. Akar kayu legi, bunga blimbing wuluh atau daun waru muda untuk menyembukan batuk. Sedangkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi cukup menggunakan bawang putih atau daun sembung legi. Sementara itu untuk menyembuhkan jantung berdebar cukup memanfaatkan bunga mawar segar, wortel atau daun pegagan segar.
Mewakili Kepala Balai Materia Medica, Palupi menyatakan bahwa kekayaan alam Indonesia demikian hebatnya. Hampir semua tanaman yang ada disekitar kita dapat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Maka menurut Palupi, “Kunjungan para lansia ke UPT ini benar2 sangat bermanfaat agar para lansia tetap sehat, bugar dan dijauhkan dari berbagai penyakit dengan memanfaatkan toga”.
Pada kesempatan itu kepada para lansia diajarkan membuat instan dan simplisia untuk bahan jamu serta melihat dari dekat koleksi toga. Termasuk cara menanam dan merawat tanaman toga agar berdaya guna dan berhasil guna.
Acara berikutnya, para lansia mengunjungi Jatim Park. Kawasan ini adalah objek wisata yang memadukan konsep pendidikan (education) dan konsep pariwisata (tourism) dalam satu ruang dan satu waktu, sehingga mampu menjadi sarana penyebaran informasi tentang khasanah iptek baik indoor maupun outdoor. Selain gedung bioskop 3 Dimensi, adapula Sky Swinger dan pasar buah serta sayuran.

0 komentar:

Posting Komentar