“GEMA LANSIA” Jember



oleh : Imam Soebagio


Latar belakang.
Menurut catatan Yayasan Gerontologi Abiyoso (2005), jumlah penduduk Kabupaten Jember 2.263.794 jiwa. 9.06% diantaranya adalah lansia, atau sekitar 204.744 jiwa. Dampak dari kesejahteraan masyarakat yang semakin meningkat, maka pada tahun 2009 diperkirakan lansia di Jember meningkat pula menjadi sekitar 11%.

Ada beberapa organisasi yang mewadahi para lansia. Diantaranya PWRI, Pepabri, Angkatan 45, LVRI, organisasi pensiunan seperti Intan Sejati, dan Karang Werda. Namun sayang tidak semua lansia mau bergabung dalam organisasi kemasyarakatan tersebut. Namun mereka mengalami problem yang sama. Kekurangan informasi yang penting bagi diri mereka sendiri.

Para lansia ini membutuhkan banyak informasi agar mereka awet urip, tetap sehat dan berguna. Pada umumnya informasi yang mereka butuhkan mengenai masalah degeneratif (ketuaan), kesehatan, olah raga, pengobatan alternatif, bahkan pengetahuan kewirausahaan yang bisa mereka lakukan dalam usia senja. Disamping pengetahuan mengenai berbagai masalah aktual yang menyangkut kesejahteraan lansia, tulisan humor atau pengalaman hidup yang bisa diteladani.

Maka munculah empat sekawan yang secara sukarela mau menyumbangkan tenaga, pikiran dan kelebihan rejeki yang mereka miliki. Adalah Dra Hj. Soeprapti Soedjatno (pensiunan Depdikbud Jember), Jatin (pensiunan PLN Jember), Bambang Widjanarko, SH (pensiunan Dipenda Propinsi Jawa Timur di Bondowoso) serta Imam Soebagio (pensiunan Kepala Humas Universitas Jember).

Maka sejak 2 Mei 2008, mereka menerbitkan tabloid ”Gema Lansia”. Tirasnya hanya seribu eksemplar. Dibagikan secara gratis bagi para lansia di Jember, sambil menunggu sumbangan apa saja untuk membayar ongkos cetak. Tiras sebanyak itu memang kurang apabila dibandingkan dengan jumlah lansia yang lebih dari 220 ribu orang.

Gema Lansia dilahirkan karena pengasuhnya menyadari betapa pentingnya bacaan bagi para lansia. Para sepuh ini dalam menjalani hidup setelah mengabdikan dirinya kepada bangsa dan negara tidak hanya butuh makan, berinteraksi, hiburan dan vitamin saja namun juga butuh asupan berupa bacaan. Bacaan yang enteng berisi. Tetapi mudah dicerna karenanya disesuaikan dengan bahasa mereka tetapi penuh gizi.

Beberapa tokoh memberikan perhatian dan dukungannya. Mereka adalah Prof. Dr. Simanhadi Widyoprakosa (Universitas Jember), Kol (Pur) Drs. H. Koeswanto, (Ketua Pepabri), Kol (Pur) H. Giman Supriatno (Ketua Perwakilan Yayasan Gerontologi Abiyoso Jember), Drs. K. Santoso (Ketua PWRI Jember).

Alhamdulilah, pada 3 Agustus 2009 di Surabaya telah ditandatangai Naskah Kesepakatan antara Gema Lansia” dengan Intan Sejati (Ikatan Mantan Karyawan Dipenda Propinsi Jawa Timur) yang menerbitkan Buletin ”BeR-INTAN”. Maka sebagian ongkos cetak ”Gema Lansia” dapat diatasi dari sini. Dari APBD, belum.


Visi :
Menjadi media komunikasi para lansia agar tetap sehat dan berkualitas.

Misi :
1. Membangun akses informasi antara para lansia untuk tetap obah, owah dan makarti.
2. Menjadikan lansia tetap berkualitas walaupun tua.
3. Membantu pemerintah membina dan meningkatkan kesejahteraan para lansia.

Penerbit :
Empat sekawan – Jember.

Pengasuh :
Dewan Penasehat : Prof. DR. H. Simanhadi WP
Kol (Pur) H. Koeswanto, S.Sos
Kol (Pur) H. Giman Supriatno
Drs. K. Santoso
Penanggung jawab : Imam Soebagio
Pemp. Redaksi : Dra. Hj. Soeprapti Soedjatno
Pemp. Perusahaan : Bambang Widjanarko, SH
Redaktur Pelaksana : Jatin
Rice Dyah Yuli, S.Sos.

Beberapa contoh tulisan yang dianggap menarik diturunkan dalam : pakdebagio.blogspot.com ini

0 komentar:

Posting Komentar