3 SANGU PENSIUN


oleh : H. Indro Prapto Ariyadi, SH

Tidak semua orang berhasil jadi lansia. Banyak faktor penyebab orang tidak sampai berusia 60 tahun. Diantaranya, kurang bisa me-manage hidup. Tidak mengatur gaya hidup. Tidak berpantang makan kurang sehat atau tidak pernah berolah raga.

Tidak semua PNS siap jadi pensiunan. Ada yang merasa kurang mapan, ada pula yang masih ”berurusan” dengan bank atau koperasi. Bahkan ada yang eman karena kalau pensiun, jabatannya ikut di pensiun. Artinya, penghasilan tinggal 70 persen kali gaji pokok. Itupun tanpa uang lauk pauk, tunjangan jabatan, jasa pungut, uang kepanitian atau insentif. Malah uang perjalanan (SPPD) dihapus sama sekali.

Menurut saya, menjadi lansia itu membahagiakan. Demikian juga pensiun sebagai PNS. Pensiun berarti lulus mengabdikan diri sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. Walaupun kita masih dituntut mengabdi sesuai kemampuan dan profesi masing-masing dalam lingkungan masyarakat.

Ada 3 sangu untuk siap pensiun. Pertama, iso nuruti kesenengan. Agar hati senang, sehingga awet urip. Kedua, kumpul karo sak pantarane. Artinya mencari teman sebaya sehingga komunikasi tetap lancar, untuk saling mengisi dan berbagi pengalaman. Bahkan jadi teman curhat. Ketiga, duwe simpenan. Walaupun sedikit, setiap orang seyogyanya memiliki tabungan. Sehingga bisa dinikmati di hari tua atau dapat digunakan untuk keperluan emergensi. (Dimuat dalam BeR-INTAN, edisi 3/2009).

0 komentar:

Posting Komentar