MASINIS PEMKAB JEMBER



Oleh : Pakde Bagio

Ternyata banyak juga yang membaca tulisan saya tentang kosongnya masinis Jember. Masih ingat ? Ibarat sebuah kereta api alias sepur, Jember dikendalikan lokomotif tapi tanpa masinis. Karena Bupati dan Wakil Bupati Jember dibebastugaskan sementara alias schorsing lantaran diduga terlibat korupsi dan tengah menjalani pemeriksaan pengadilan. Padahal kedua pejabat inkumben itu belum genap 50 hari memegang tampuk pimpinan sebagai orang nomer satu dan nomor dua Kabupaten Jember.

Sementara Kusen Andalas yang Wakil Bupati masih dalam proses pemeriksaan di Pengadilan Negeri Jember, MZA Djalal yang Bupati sudah dinyatakan bebas oleh Pengadilan Negeri Surabaya. Karena kata Undang Undang, Jaksa (JPU) tidak bisa banding maka langsung kasasi. Jabatan Bupati-pun tidak serta merta dipegang kembali oleh MZA Djalal, menunggu proses hukum lebih lanjut.

Maka kabupaten Jember yang diibaratkan kereta api dengan banyak penumpang, dihela lokomotif, tetapi tanpa masinis. Hiruk pikuk masyarakat Jember yang cuacanya dingin karena diguyur hujan setiap hari, menjadi hangat lantaran pro dan kontra jabatan masinis. Ada yang menghendaki MZA Djalal segera dilantik karena di vonis bebas. Ada pula yang menginginkan cukup diganti Plt (Pelaksana Tugas) saja, yang saat ini dijabat Sekkab Soegiarto. Tetapi ada yang menghendaki penunjukan Pj (Penjabat) Bupati karena saat ini sedang ramai-ramainya pembahasan APBD 2011.

Yang selalu membuat situasi hangat Jember ternyata adalah para politisinya. Termasuk pendukung yang pro dan yang kontra. Padahal masyarakat awam hanya menghendaki Jember ada pemimpinnya, ada masinisnya. Yang bisa mengatur kapan kereta bisa melaju cepat, kapan harus memperlambat jalannya, kapan menaik-turunkan penumpang atau kemana kereta akan dibawa.

Masinis Soewardi.

Pertemuan Karang Werda Jember Permai I di Kelurahan Sumbersari, Jember, Sabtu (11/12) ikut meramaikan pembicaraan mengenai masinis yang dibutuhkan Jember. Maka mereka beramai-ramai mendorong agar Haji Soewardi mau jadi masinisnya Pemkab Jember.

Haji Soewardi adalah warga Karang Werda Jember Permai I yang pensiunan masinis kereta api milik PJKA. Karuan saja lansia Soewardi ini hanya terkekeh-kekeh mendengar tawaran itu. Padahal selain 35 tahun menjadi masinis kereta api, lansia Soewardi ini adalah imam mesjid ”As Salam” Kelurahan Sumbersari. Sepanjang pertemuan Sabtu itu Haji Soewardi terbahak-bahak saja melihat celotehan teman-teman lansianya. Sebab jadi masinis Kabupaten Jember beda dengan masinis sepur alias kereta api.

Senin (13/12) malam terdengar berita. Siangnya, Kepala Irwilprov Jawa Timur Teddy Zarkazi dilantik kembali sebagai Pj Bupati Jember oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo. Dikatakan lagi karena Teddy Zarkasi sebelumnya pernah menjabat sebagai Pj Bupati Jember saat masa tugas MZA Djalal berakhir sambil menunggu pelantikannya kembali setelah memenangkan pemilukada 2010.

Teddy tidak asing bagi masyarakat Jember karena pernah menjadi masinis Pemkab Jember walaupun hanya sebulan. Teddy juga punya banyak teman di kota ini. Maklum Teddy adalah dikenal sebagai aktivis saat menjadi mahasiswa Fisip Universitas Jember.

Suka atau tidak suka, ini adalah policy untuk melanjutkan menata kota dan membangun desa, khususnya menyongsong tahun anggaran 2011. Mudah-mudahan Teddy bisa membawa gerbong kereta api yang bernama Kabupaten Jember ini menuju stasiun yang tata tentrem kerta raharja. Teddy sebagai birokrat barangkali lebih layak menjadi masinis Jember ketimbang pensiunan masinis Haji Soewardi yang sudah lansia.

1 komentar:

TINTIN RAHMAYANTI mengatakan...

Saya TINTIN RAHMAYANTI Saya ingin menyaksikan karya bagus ALLAH dalam hidup saya untuk umat saya yang tinggal di sini di Indonesia, Asia dan di beberapa negara di seluruh dunia.
 Saat ini saya tinggal di Indonesia. Saya seorang wanita Bisnis dengan tiga anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan di bulan DESEMBER 2017 dan saya perlu membiayai kembali dan membayar tagihan saya,
Saya adalah korban penipuan pemberi kredit 4-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang yang saya berutang, saya dibebaskan dan saya bertemu dengan seorang teman, yang saya jelaskan situasi saya dan kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM yang andal.
Bagi orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman di internet penipuan di sini, tapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
 Saya mendapat pinjaman dari ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM sebesar Rp800.000.000 dengan sangat mudah dalam waktu 24 jam yang saya terapkan, jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus ALLAH melalui ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya saran jika anda membutuhkan pinjaman silahkan hubungi ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM. hubungi mereka melalui email:. (alexanderrobertloan@gmail.com)
Anda juga bisa menghubungi saya melalui email saya di (tinrahma222@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

Posting Komentar