Wirausaha CIRENG dan NUGGET untuk lansia


Oleh : Pakde Bagio

Upaya terus menerus agar para lansia mampu mandiri dilakukan Perwakilan Yayasan Gerontologi Abiyoso Kabupaten Jember. Hal ini dimaksudkan agar para lansia tidak tergantung kepada orang lain. Berbagai latihan ketrampilan diberikan agar mereka mandiri dengan wirausaha. Menurut Ketua Perwakilan Yayasan Gerontologi Abiyoso Kabupaten Jember H. Giman Supriatno, pengembangan kemandirian lansia akan berdampak kepada meningkatnya usia harapan hidup.

Dari sekian banyak pelatihan yang diberikan kepada para lansia, adalah membuat cireng dan nugget belum lama ini.

Cireng atau dapat disebut juga dengan Aci Goreng merupakan makanan ringan khas Sunda. Cireng termasuk ke dalam makanan strata menengah - kebawah. Menurut Erna Widayanti BW, pelatih pembuat makanan ini, cireng dapat dibentuk bermacam-macam dengan berbagai variasi isi. Ada sambel pecel, kedelai atau taucho, biasanya dijual untuk konsumsi murid-murid sekolah. Makanan ini cukup terkenal pada era 80-an, namun layak disantap keluarga terutama pada sore hari. Menemani kopi atau teh hangat.

Bahan :
400 gram tepung kanji
secukupnya garam
secukupnya merica bubuk
secukupnya bawang putih yg dihaluskan dan ditumis sebentar
secukupnya seledri cincang dan bawang daun cincang
secukupnya bumbu pecel

Bumbu masak Masako 1 bungkus

200ml air panas

Cara membuat:
* Campur tepung kanji dengan garam, merica, bawang putih

bubuk, daun seledri dan daun bawang hingga rata.

* Tuang air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga

adonan bisa dipulung dan dibentuk.

* Goreng hingga kecoklatan dengan api sedang.

Sedangkan nugget menurut pelatihnya, Imam Soebagio, adalah lauk yang sarat vitamin dan gizi. Dibuat dari bahan daging sapi, daging ayam atau ikan laut. Bahannya mudah didapat di sekitar kita dan cara penjualannya juga tidak sulit karena penggemarnya juga banyak.

Bahan :

Daging ayam 500 gram dicacah

Tepung roti/panir satu cangkir

Bumbu masak Masako 2 bungkus

Telor ayam 2 butir

Buah pala sebear kedelai (diuleg) beri air sedikit

Garam setengah sdt

Mrica ¼ sdt

Bawang putih 4 siun

Air setengah gelas (100 ml)

Tambahan : 1 telor dan panir untuk celupan akhir.

Cara membuat :

· Masukkan cacahan daging ayam dan bumbu dalam blender. Blender bahan jangan sampai terlalu halus halus.

· Hasilnya tuang dalam baskom, campurkan tepung roti dan air. Ukur tingkat kelemasannya, jangan terlalu lembek/cair atau terlalu kaku.

· Masukkan dalam plastik (sesuai selera). Kukus sampai matang (25 menit). Angkat, dinginkan.

· Iris sesuai selera. Masukkan dalam tepung roti, celupkan dalam kocokan telur, masukkan lagi dalam tepung roti/panir. Kemudin kukus selama 10 menit.

· Dinginkan. Goreng.

Kedua jenis makanan yang sangat digemari masyarakat ini sangat bagus untuk dikerjakan para lansia untuk dijual, karena prospeknya bagus. Keuntungannyapun sedikitnya dua kali lipat. Misalnya satu resep nugget membutuhkan modal Rp. 22.500 dan kalau dijual sedikitnya laku Rp. 40.000. Jadi setiap satu resep akan diperoleh keuntungan Rp. 17.500. Sedangkan untuk pembuatan satu resep cireng diperlukan modal Rp. 10.000 yang kalau dijual akan mendapat penghasilan Rp. 10.000 juga. Mari kita coba.

1 komentar:

TINTIN RAHMAYANTI mengatakan...

Saya TINTIN RAHMAYANTI Saya ingin menyaksikan karya bagus ALLAH dalam hidup saya untuk umat saya yang tinggal di sini di Indonesia, Asia dan di beberapa negara di seluruh dunia.
 Saat ini saya tinggal di Indonesia. Saya seorang wanita Bisnis dengan tiga anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan di bulan DESEMBER 2017 dan saya perlu membiayai kembali dan membayar tagihan saya,
Saya adalah korban penipuan pemberi kredit 4-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang yang saya berutang, saya dibebaskan dan saya bertemu dengan seorang teman, yang saya jelaskan situasi saya dan kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM yang andal.
Bagi orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman di internet penipuan di sini, tapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
 Saya mendapat pinjaman dari ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM sebesar Rp800.000.000 dengan sangat mudah dalam waktu 24 jam yang saya terapkan, jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus ALLAH melalui ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya saran jika anda membutuhkan pinjaman silahkan hubungi ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM. hubungi mereka melalui email:. (alexanderrobertloan@gmail.com)
Anda juga bisa menghubungi saya melalui email saya di (tinrahma222@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

Posting Komentar