TKI (Antara remitansi, skill dan aniaya)




Oleh : Pakde Bagio

Salah seorang dari sekitar 1.400 ABK kapal pesiar Amerika bernama ”Liberty of The Seas” berasal dari Jember. Namanya Andi bertugas sebagai Chef yang cukup diperhitungkan karena memilik skill yang sepadan. Menurutnya, selain memiliki skill seperti yang dituntut sesuai bidang tugasnya, seorang TKI harus memahami budaya dan bahasa yang digunakan sehari-hari di tempat kerja luar negeri.

Persis seperti yang ditemukan Komisi D DPRD Jember yang mengadakan sidak di Kantor Imigrasi Jember (17/12). Menurut Sahroni, anggota Komisi D disebutkan setelah diadakan sidak, ternyata banyak TKI unskill yang dengan mudahnya memperoleh paspor. ”Akibatnya, ketika di luar negeri mereka banyak mengalami masalah”, tutur Sahroni. Seharusnya pengiriman tenaga kerja ke luar negeri hendaklah yang berketrampilan, katanya lagi.

Adalah Sumiati (23 tahun) asal Dompu, NTB menjadi korban kekejian di rumah majikannya di Medinah. Selain dianiaya sekujur tubuhnya, bibir dan mulutnya digunting. Belum reda cerita sedih tentang Sumiati, Kikim Komalasari (36 tahun) asal Cianjur, Jawa Barat, tewas digorok majikannya. Kemudian jenasahnya dibuang di tempat sampah di Abha, sebuah kota di Arab Saudi.

Kisah Sumiati dan Kikim pada bulan Nopember 2010 ini melengkapi kisah sedih para TKI kita di luar negeri. Diantaranya seperti Nirmala Bonat (asal NTT) yang dianiaya dengan cara dipukuli, diseterika dan disiram air panas oleh majikannya. Yim Pek Hay, sang majikan dipenjara di Kuala Lumpur 18 tahun.

Siti Hajar (asal Garut) juga di Kuala Lumpur tidak pernah menerima gaji selama 3 tahun juga dianiaya dengan gunting, dipukuli dan disiram air panas. Majikannya Hiau Yuang dipenjara 3 tahun dan denda Rp. 13,25 juta. Begitu pula Winfaidah (asal Lampung) mendapat siksaan dan dijadikan budak seks di Kuala Lumpur. Majikannya bernama Wilu dan Bunguwalu kini tengah diadili dan mendapat ancaman hukuman 20 tahun penjara.

Bukan cuma itu. Laporan Direktur Executif Migrant Carw Anis Hidayah, selama sebelas bulan pada tahun 2010 tercatat 5,636 orang TKI di Arab Saudi mengalami kasus serius. Selain tindak kekerasan, mereka mayoritas menjadi korban pemerkosaan dan pelecehan seksual. Jumlah ini merupakan bagian dari 22.035 kasus yang terjadi di Arab Saudi.

Banyak upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi masalah kekerasan dan pelecehan terhadap TKI. Namun karena banyaknya kasus, seiring dengan semakin banyaknya TKI ke luar negeri, rasanya tidak mudah menyelesaikannya. Gemerincing dolar terdengar keras sekali mulai dari Jakarta sampai ke pelosok desa. Bayangkan, remitansi (kiriman uang) dari para buruh migran di luar negeri dari tahun ke tahun semakin meningkat.

Tahun ini saja tercatat 7,139 miliar dolar AS yang masuk. Kalau kurs dolar AS Rp. 10 ribu per dolar maka remitansi itu berjumlah Rp. 71.390.000.000 (baca : tujuh puluh satu triliun rupiah lebih). Jumlah uang yang banyak yang berasal dari 4,3 juta TKI. Angka menggiurkan yang menjadi maknit setiap warga bangsa. Magnit yang mampu menyedot setiap orang untuk berburu dolar.

Mengingat semakin banyaknya buruh migran kita yang jadi korban penganiayaan, Presiden SBY berencana akan memberikan ponsel buat para TKI yang bekerja di luar negeri. Agar kelak kalau ada masalah dengan mereka, maka kedutaan besar di masing-masing negara dan Jakarta dapat segera mengetahuinya. Untuk segera diatasi.

”Pemerintah Indonesia menginginkan adanya kerja sama, sikap kooperatif, karena sebenarnya tenaga kerja itu ya bekerja untuk ekonomi mereka. Jadi, harus ada take and give-nya”, kata Presiden.

Menurut Anis, pemerintah lalai mengawasi proses perekrutan, pelatihan, dan penempatan mereka. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya TKI yang berusia dibawah umur, tidak memahami bahasa tempat kerja mereka bahkan tidak memiliki ketrampilan apa-apa. ”Kalau pengawasan benar, setiap TKI yang berangkat sudah menguasai bahasa negara tujuan, konsisi sosial, dan pemahaman hukum setempat”, kata Anis lagi.

Hal itu dibenarkan Andi (24 tahun), Chef kapal pesiar ”Liberty of The Seas”. Kapal terbesar berpenumpang 4.300 orang wisatawan berlantai 17 ini dengan rute Amerika Eropa. Menurutnya, selain harus memahamai budaya tempat TKI itu bekerja, penguasaan bahasa yang banyak digunakan di dunia, ketrampilan kerja dan pengetahuan yang luas menjadi syarat mutlak.

”Mereka sangat menghargai dan menghormati para pekerja asing yang berkemampuan tinggi dan pandai berkomunikasi”, katanya lagi. Kalau toh disana-sini terdengar adanya penganiayaan terhadap TKI kita, kemungkinan disebabkan oleh ketidak-mampuan berkomunikasi serta skill yang dibutuhkan.

Sebaran TKI dan Kasusnya

Negara

Jumlah TKI

Jumlah kasus

Arab Saudi

960.000

22.035

Taiwan

130.000

4.497

Uni Emirat Arab

75.000

3.866

Singapura

110.000

2.937

Malaysia

2.000.000

2.476

Hongkong

120.000

2.245

Qatar

25.000

1.146

Oman

12.000

1.146

Bahrain

16.000

373

Suriah

80.000

161

Brunei

33.000

84

Korea Selatan

33.000

10


Total TKI : 4,3 juta orang

Total kasus : 45.626

Catatan : belum termasuk TKI tidak berdokumen

2 komentar:

Prediction Angka Jitu!!! mengatakan...


SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259









SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259



TINTIN RAHMAYANTI mengatakan...

Saya TINTIN RAHMAYANTI Saya ingin menyaksikan karya bagus ALLAH dalam hidup saya untuk umat saya yang tinggal di sini di Indonesia, Asia dan di beberapa negara di seluruh dunia.
 Saat ini saya tinggal di Indonesia. Saya seorang wanita Bisnis dengan tiga anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan di bulan DESEMBER 2017 dan saya perlu membiayai kembali dan membayar tagihan saya,
Saya adalah korban penipuan pemberi kredit 4-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang yang saya berutang, saya dibebaskan dan saya bertemu dengan seorang teman, yang saya jelaskan situasi saya dan kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM yang andal.
Bagi orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman di internet penipuan di sini, tapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
 Saya mendapat pinjaman dari ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM sebesar Rp800.000.000 dengan sangat mudah dalam waktu 24 jam yang saya terapkan, jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus ALLAH melalui ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya saran jika anda membutuhkan pinjaman silahkan hubungi ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM. hubungi mereka melalui email:. (alexanderrobertloan@gmail.com)
Anda juga bisa menghubungi saya melalui email saya di (tinrahma222@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

Posting Komentar